Syarat Ikut Yesus

Syarat Ikut Yesus

16 Mar 2013

Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. (Markus 8:34)

Setiap kita orang Krsiten adalah pengikut Tuhan Yesus, da hal penting yang perlu kita tahu bahwa kita bisa ikut Yesus bukan karena kita baik, atau layak. Melainkan semua karena anugerah Tuhan atas kita sehingga kita dilayakan untuk dapat mengikut Dia. Dan sebagai pengikut kita tidak hanya ikut-ikutan namun perlu tahu apa syarat yang harus kita lakukan, syarat ini bukan supaya kita layak ikut Dia melainkan sebagai bentuk syukur dan tugas kita sebagai pengikutNya.

Dalam markus 8:34 tertuang beberapa syarat kita ikut Tuhan Yesus.

1. Sangkal Diri

Menyangkal diri bukanlah hal yang mudah sebab menuntut komitment dan pengorbanan kita, sebagai contoh terkadang pada hari minggu, kita inginnya istirahat dari semua kesibukan namun kita ingat bahwa hari minggu kita harus ke Gereja, maka terkadang kita mengalami pergolakan dalam diri sendiri dan direhadapkna pada dua pilihan pergi atau tidak ke Gereja. Nah dalam hal ini kita perlu menyangkal diri dalam arti kita meninggalkan keinginan kita dan mau mengikuti apa yang menjadi keinginan Tuhan.

2. Pikul salib

Pikul salib, berarti memikul beban penderitaan, sebab memang ikut Yesus tidaklah mudah ada tantangan dan perjuangan yang harus dilalui, namun berbicara salib berarti membahas hal yang tidak kita sukai dalam hidup kita, setiap orang Kristen memiliki salibnya dalam hidupnya dan maukah kita tetap memikulnya bersama dengan Yesus.

3. Mengikut Yesus

Dan yang paling pentin adalah ikut Yesus, kita sudah menyangkal diri kita sudah pikul salib namun jika kita tidak melakukan hal yang terakhir ini maka semua usaha kita sebelumnya akan sia-sia sebab untuk apa kita sangkal diri, untuk apa kita pikul salib lalu tidak ikut Yesus, kalau begitu untuk siapa kita lakukan semua itu jika bukan ikut Yesus. hanya dengan komitment untuk ikut Yesus maka kita akan mampu dan bisa sangkal diri dan memikul salib kita.

Ikut Yesus, adalah anugrah yang besar dalam hidup kita, marilah kita syukuri dengan hidup sesuai dengan apa yang Tuhan mau dalam hidup kita. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>