Mencari dan menyelamatkan yang hilang

Mencari dan menyelamatkan yang hilang

9 Jul 2012

Sebab Anak manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang. Lukas 19:10

 

 

 

Pesan singkat dari Dr. Lukas. Injil dalam renungan kita hari ini merupakan sesuatu yang luar biasa untuk dibaca, karena di dalamnya kita tidak hanya melihat gambaran dari sang Juruslamat dan juga kisruh di awal gereja. Seiring kita mengenal penginjil, kita juga akan mengenal seorang teman yang sangat sensitif terhadap mereka yang dirundung kesulitan yaitu mereka yang bergerak tanpa kita ketahui.

Lukas tidak pernah sekalipun menganjurkan gereja untuk reorganisasi kemanusiaan di dalam gereja. Dengan kemahirannya, ia menyatu dengan tulisannya mengenai kuasa Allah yang cenderung kita hindari.
Tuhan tidak pernah mengabaikan satu orang pun. Cinta kasihn-Nya ditujukan untuk semua orang, siapa pun itu- dari Yusuf Arimatea, seorang anggota dewan Yahudi yang akhirnya menjadi seorang pria yang turun derajat. Ketika Allah sudah bertindak di dalam kekuasaan-Nya, Ia menyembuhkan lebih dari pada daging dan tulang. Ia juga menyentuh hati dan jiwa dengan kekuasaan-Nya. Inti kekuatan tersebut bukan berasal dari siapapun, melainkan sang Juruselamat, Yesus Kristus. Semua tulisan Lukas adalah deskripsi paling teologis dari sikap kemanusiaan yang ingin dilihat.

Lukas mengakhiri Kitab Kisah Para Rasul dengan baik. Di dalam rumah sewaan-nya, Paulus ‘mengajar tentang Tuhan Yesus Kristus dengan terus terang dan tanpa rintangan apa-apa’ (Kisah Para Rasul 28:31). Pesannya adalah bahwa kuasa Tuhan tidak pernah berhenti berkarya. Tugas untuk mencari yang hilang dan juga menjadi “penjala manusia” tidak akan pernah berakhir. Juga tidak pernah menutup janji bahwa Roh Kristus selalu beserta kita.

Doa : Ya Bapa, kami mengucap syukur atas Injil yang kau berikan. Amin

(Sumber : Diterjemahkan dari Daily Devotion LHM International)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>