Iman Yang Menyelamatkan

Iman Yang Menyelamatkan

2 Mar 2013

Kata Yesus kepadanya: ”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”.

Pernahkah kita bertanya mengapa ada Agama Kristen atau mengapa ada iman Kristen? Apa sih keistimewaan atau keunggulan dari iman Kristen dibanding dengan iman-iman yang lain yang membuat kita memilih untuk menjadi Kristen. Dalam Injil Yohanes 14:6 tertulis “Kata Yesus kepadanya: ”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”. dari ayat ini kita daat melihat letak Keuntungan, kelebihan iman Kristen, yaitu terletak pada pribadi dan dan karya Yesus Kristus. Sebab inti dan pondasi dari iman Kristen adalah Pribadi Yesus Kristus.

Selain itu keunggulan dari iman Kristen adalah kepastian akan hidup yang kekal dalam Yesus Kristus sebab  Diala satu-satunya jalan keselamatan dan juru selamat bagi orang-orang yang berdosa untuk mendapatkan hidup yang kekal. Pertayaannya adalah mengapa Yesus Kristus menjadi satu-satunya jalan bagi orang berdosa untuk bisa mendapatkan hidup yang kekal. Jika kita melihat Alkitab maka kita kan menemukan dua hal.

  1. Semua manusia berdosa dan tidak ada yang dapat menyelamatkan diri sendiri.

Ketika diciptakan oleh Allah manusia pertama yaitu Adam adalah sempurna dan hidup tanpa dosa sehingga tidak perlu keselamatan. Pada awalnya manusia mampu taat pada Firman Allah secara sempurna. Setelah diciptakan manusia pertama tersebut di tempatkan oleh Allah di taman Eden dan disana Allah memberikan perjanjian kepada manusia, yang pertama jika manusia adam taat maka dia akan hidup dan sebalinya jika dia tidak taat maka dia akan mati. Namun Alkitab memberi kesaksian bahwa Adam si manusia pertama ersebut tidak taat pada firman Tuhan sehingga ia jatuh ke dalam dosa. Dan kejatuhan manusia tersebut bersifat total artinya seluruh natur manusia sudah tercemar dan juga bersifat Universal sebab adam adaah kepala penerima janji dan adam juga sebagai nenek moyang manusia. Oleh karena dosa sudah menyebar dan membuat Allah harus membinasakan manusia.

  1. Hanya Yesus saja memenuhi persyaratan untuk menjadi juruselamat dunia.

Karena persoalan di atas yaitu persoalan dosa manusia, maka Allah harus mengambil inisiatif untuk dapat menyelamatkan manusia dan persoalan dosa manusia ini hanya dapat diselasaikan jika prisip keadilan Allah ditegakan, yaitu yang bersalah harus di hukum dan hukum atas dosa adalah maut.

Dan untuk bisa menyelesaikan masalah ini hanya satu Pribadi mampu yaitu Yesus Kristus namun apa yang membuat Yesus menjadi satu-satunya jalan? Karena Yesus adalah manusia sejati yang tidak berdosa dari keturunan Adam dan Yesus juga adalah Allah yang sejati yang telah menjadi manusia. Setelah juruselamat tersedia bagi manusia, Allah memberikan perjanjian yang baru yaitu “Perjanjian Anugrah karena Iman”. Terakhir pertanyaannya adalah “sudahkah kita memiliki Iman yang menyelamatkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>